Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

Mencari Nahkoda bangsa ini: Kriteria Pemimpin Ideal

Rabu 8 juli 2009 menjadi hari bersejarah bangsa ini. Pemimpin bangsa dipilih serentak dan secara langsung oleh rakyat. Siapapun pemenangnya nanti, semoga itu merupakan representative dari ratusan juta rakyat Indonesia.

Pemimpin bangsa ini bagaikan nahkoda yang akan mengantarkan kapal menuju pulau perbaikan. Nahkoda yang akan memutuskan segala hal menyangkut keselamatan kapal dan seisinya. Kemana dan bagaimana kondisi penumpang, sangat tergantung dengan kebijakan sang nahkoda. Badai pun terkadang datang menerpa pelayaran. Gelap dan gemuruh halilintar membuat kapal seakan ingin tumbang dan tenggelam. Inilah momentnya. Bagaimana sang nahkoda bisa menjadi orang yang dapat menenangkan penumpang sekaligus memberikan kepastian kapan keindahan mentari dapat terlihat lagi.

Mengingat pentingnya sosok seorang pemimpin bagi negri ini, maka ada beberapa kriteria yang dapat menjadi arahan dalam memilih sosok seorang pemimpin. Mengutip criteria dari Chris Widener dalam bukunya berjudul: “Character Traits of Extraordinary Leaders”. Kriteria pemimpin luar biasa adalah sebagai berikut:

Integritas

Integritas adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang Kita katakana. Integritas membuat Kita dapat dipercaya. Integritas membuat orang lain mengandalkan Kita. Integritas adalah penepatan janji-janji Kita. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikuti kita adalah bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa kita akan membawa mereka menuju ke tujuan yang Kita janjikan. Apakah Kita dikenal sebagai seseorang yang mempunyai integritas? Bila ya, maka Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Optimisme

Takkan ada orang yang mau mengikuti Kita bila Kita memandang suram masa depan. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik dan mereka dapat mencapai tempat itu. Apakah Kita melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, Kita adalah seorang pesimis. Apakah Kita melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, Kita adalah seorang optimis. Apakah Kita melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka Kita adalah seorang yang super optimis. Apakah Kita dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Menyukai perubahan

Pemimpin adalah mereka yang melihat adanya kebutuhan akan perubahan, bahkan mereka bersedia untuk memicu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya dengan para pengikut mereka. Jika Kita tidak berubah, Kita takkan tumbuh. Apakah Kita dikenal sebagai seseorang yang memicu perubahan? Jika ya, Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Berani menghadapi risiko

Kapan pun kita mencoba sesuatu yang baru, kita mengambil risiko. Keberanian untuk mengambil risiko adalah bagian dari pertumbuhan yang teramat penting. Kebanyakan orang menghindari risiko. Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung risiko dan keuntungan yang ada di balik risiko. Mereka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Apakah Kita dikenal sebagai seorang yang berani mengambil risiko? Jika ya, kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Ulet

Kecenderungan dari pengikut adalah mereka menyerah saat sesuatunya menjadi sulit. Ketika mereka mencoba untuk yang ke dua atau ke tiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkan motto, “Jika Kita gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain.” Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu, dan mereka akan selalu berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha. Apakah Kita dikenal sebagai seseorang yang ulet, tangguh, dan berdaya tahan tinggi? Jika ya, Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Katalistis

Seorang pemimpin adalah seseorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lain untuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zone kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari para pengikut. Apakah Kita dikenal sebagai seseorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya, Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Berdedikasi dan komit

Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang diri mereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah Kita dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian Kita pada tujuan? Jika ya, Kita layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

Kepemimpinan adalah seni. Layaknya seni, bagus tidaknya dinilai dalam tataran yang abstrak. Seni kepemimpinan akan menjadi hal yang kongkret  tatkala kepemimpinannya dapat memhasilkan suatu capaian dalam organisasi yang dipimpinnya. Terus belajar dan belajar. Semoga pemimpin Indonesia kedepannya adalah kita. Saya, anda dan orang-orang yang memimpikan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 22/07/2009 by in Gerakan Mahasiswa, Opini and tagged , , , .

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: