Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

4S ala LPDP 2015  “Membangun LPDP yang Semakin KECE”

Suka bingiiiiit dengan Inspirasi Pagi Pak Dirut akhir tahun 31 Desember 2014, seperti rangkuman tantangan-tantangan yang dihadapi LPDP di 2014, dan solusi untuk tahun 2015. Setuju banget, tantangan selama ini dapat dilewati sesederhana 4S ala Dirut LPDP. 

S pertama, Skala Prioritas.

Jangan bangga dengan sibuk, karena kesibukan tidak selalu berbanding lurus dengan produktivitas. Jangan sampai kita sibuk, tapi kesibukan kita tidak memberikanimpact apa-apa kepada kesuksesan organisasi. Mari melongok kurva skala prioritas, apakah kita berada dikurva Penting-Mendesak, Tidak Penting-Mendesak, Tidak Mendesak-Tidak Penting atau Tidak Mendesak-Penting. Pastikan kamu berada pada posisi Tidak Mendesak-Penting, kamu mengetahui apa yang penting dan secara excellence kamu merencanakan dan menyelesaikan apa-apa yang dianggap penting. Disinilah tantangannya: tau apa yang penting, kapan yang penting itu harus diselesaikan, dan membuat action plan / perencanaan untuk dapat menyelesaikan hal-hal yang penting tersebut. Hindari sedemikiaan rupa posisi Penting-Mendesak, karena posisi tersebut gambaran ketidakkcakapan kamu merencanakan. Tidak usah membahas Tidak Penting-Tidak Mendesak dan Tidak Penting-Mendesak, Penting-Mendesak aja harus dihindari, bagaimana 2 posisi tersebut.. menjauhlaah.. :D 

S kedua, Satukan Visi Hidup dengan Visi Organisasi

Jujur, ini bahasan yang belakang lagi hits di SDM. Memang ada 2 kemungkinan Pegawai yang akan bertahan di LPDP, bertahan karena tidak ada pilihan, atau bertahan karena kesatuan visi hidup dengan visi LPDP. PR nya disini, bagaimana LPDP dapat merekrut orang-orang yang memang memiliki visi hidup yang sama dengan LPDP, yaitu tentang MELAYANI INDONESIA. Atau membina dan menumbuhkan irisan visi hidup dengan visi LPDP, untuk Pegawai existing. Jika dasarnya sama, maka rasa memiliki itu akan menumbuhkan improvement-improvement berkelanjutan untuk LPDP yang lebih baik. Mulailah dengan pemahaman tentang kepuasan melayani dan membantu INDONESIA, bukan sekedar masalah gaji dan karir, walaupun LPDP akan selalu memberikan yang terbaik kepada para Pegawainya.

S yang ketiga, Selalu Kolaborasi dan Bersinergi

“Kolaborasi itu bukan tentang nilai anda tapi tentang bagaimana anda memposisikan diri anda” (Eko Prasetyo, 2014). Jujur ini keren banget, analogi rentetan angka yang diberikan juga kece banget. Pada dasarnya, Alloh memberikan keistimewaan kepada kamu, iya kamu, kamu itu istimewa.. #asik.. PR Selanjutnya adalah bagaimana kamu menempatkan diri kamu untuk dapat berkontribusi melalui kolaborasi di tim.  Ada hal lain lagi yang menarik, “ide itu murah, yang mahal eksekusi”, jleb banget. Berwacana adalah keahlian banyak dari kita, tapi mencoba mengeksekusi atau mengambil bagian / peran dari proses eksekusi tersebut yang kurang. Hindari lempar batu, pun jika harus melempar batu, pastikan yang menerima lemparan tersebut dapat menangkap dan menjadikannya bagian dari batu bata istana kesuksesan organisasi. Lebih oke lagi kalo bersama membantu menyusun batu bata tsb.

“Saya kan tidak punya power?”, ga usah pusing-pusing mikirin power, emang mau jadi Power Ranger..😛. Cukup mulai dari posisi dimana kamu berada, contribution oriented, atau bahasanya Ust Lukman dan Ust Kamil “berikan amalan terbaik”. Bangunlah komunikasi terbaik, sampaikan segala ide kepada orang yang tepat, jangan sampai ide positif berubah menjadi gosip nyelekit karena tidak disampaikan kepada orang/pihak yang tepat.

dan S yang terakhir adalah Solutif

Udah terlalu banyak yang membicarakan masalah, sekarang sudah saatnya kita berbicara solusi atas masalah tersebut. Mulailah dari bertanya “bagaimana?”. Bagaimana langkah terbaiknya?, Bagaimana peran terbaik saya untuk kepanitian ini?, Bagaimana saya bisa membantu?, dan bagaimana-bagaimana yang lain. Bagaimana ya.. bukan dimana… kalo dimana itu ayu ting ting.. dimanna..dimana..dimana..😀.

Sesungguhnya (serius lagi..:P) setiap masalah yang ada, ada bagian dari peran kita. Pak Dirut membagi 2 hal masalah: masalah itu karena kelalaian kita atau masalah itu adalah cara Alloh menaikan level kita. Kalo Peter Senge pakai istilah System Thinking. Kita bagian dari mata rantai sistem, apapun yang terjadi pada sistem tsb, yakinilah ada peran kita juga disana.

Yuppp.. ini ringkasan IP akhir tahun LPDP, karena bagi saya ini kereeeen dan keeceeee banget, semoga jg bagi kamu. Karena aku, dan kamu adalah kita. Kita (Insan LPDP / Pegawai LPDP) untuk LPDP dan Indonesia.  

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 04/01/2015 by in HR Management.

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: