Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

Belajar dari Sebatang Pensil

Selamat Pagi Ayah / Bunda…

Ayah / Bunda, tau pensil kan ya? Pensil adalah salah satu alat menulis yang biasa kita gunakan. Pensil menjadi “berbeda” dengan saudara kembarnya pulpen, karena pensil dapat dihapus dengan penghapus karet. Pensil dan pulpen, memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ditengah keberadaan pensil yang kita anggap “biasa”, pensil memberikan filosofi pada pendidikan anak tersendiri. Simak yuk?!

Pensil dapat berfungsi, karena ada tangan yang menggerakan

Ayah / Bunda, pensil adalah kita, dan tangan adalah Alloh yang Maha Besar. Alloh punya aturan, Alloh punya kehendak. Pemahaman tentang pensil adalah kita, dan Alloh adalah tangan yang menggerakan, mengajarkan kita tentang pentingnya menanamkan aqidah sejak dini. Sehebat apapun kita, kita tetap butuh Alloh. Alloh yang membuat kita hebat. Tiada sesuatu pun menimpa seorang hamba, kecuali atas izin Alloh.

Pensil berguna untuk menulis karena granit yang ada di dalamnya

Ayah / Bunda, fisik kita hanya sampul. Ada sesuatu di dalam fisik kita yang mempengaruhi semuanya. Itu adalah hati. “Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik maka seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)”. Ajarkan anak kita untuk menjaga hatinya. Hati yang bersih dan suci, hati yang selalu dekat dan mencintai Alloh. Hati yang selalu senang menebar kebaikan. Hati adalah pengingat dan indikator atas setiap tingkah laku. Hati yang bersih, tidak akan bercampung dengan ahlak yang kotor, atau sebaliknya. Jagalah hati jangan kau nodai.

Pensil diraut untuk menajamkan, semakin tajam semakin baik untuk digunakan

Ayah / Bunda, masalah dalam kehidupan adalah rautan pensil. Alloh memberikan ujian kehidupan, untuk menajamkan keimanan kita. Masalah yang akan membuat kita dewasa. Ajarkan anak kita untuk berani “diraut”. Beritahu anak kita bahwa kehidupan akan “meraut” mu, dan rautan itu sakit, pedih, dan terasa sangat berat. Namun yakinlah, bahwa Alloh tidak akan “meraut” mu melebih batas kemampuanmu, dan “rautan” itu sebagai tanda dekat sudah kenaikan tingkat dan derajatmu. Hadapilah. Jadilah pensil terbaik.

Pensil tertulis dan salah, hapuslah segera. Tapi ingat, sebaik-baik penghapus, akan menjejak pula

Ayah / Bunda, dalam kehidupan, manusia tidak akan lepas dari salah dan dosa. Jika salah dan dosa, segeralah meminta maaf dan bertaubat. Maaf dan tobat, akan menghapus arang pensil yang sudah terlanjur tertulis. Tapi ingat, sebai-baik penghapus, pasti akan menjejak pula. Ayah / Bunda, ajarkan anak kita untuk menjauhi salah dan dosa, namun jikalah terlupa dan terbuat, maka ajarkan dia untuk menyegarakan meminta maaf dan bertaubat. Maaf dan taubat adalah penghapus. Alloh maha penerima taubat, yakini itu. Salah pada manusia, pasti meninggalkan jejak pula.

Pensil teraut, pasti ada akhirnya juga

Ayah / Bunda, secanggih dan semahal apapun pensil, pasti akan ada habisnya. Pensil akan memendek dan terus memendek. Hingga habis dan tidak dapat berfungsi lagi. Ajarkan kepada anak kita Ayah/Bunda, bahwa kita adalah pensil yang akan “habis”. Yakini, bahwa kita akan mati, dan kematian adalah awal kehidupan yang abadi. Alloh menguji kita di dunia, dan rapor nya akan kita dapatkan dan rasakan di akhirat. Nikmati dan hadapi ujian dunia dengan sebaik-baiknya, untuk persiapan kehidupan dunia yang abadi.

Semoga bermanfaat dan mari berbagi dg men-share tulisan ini.🙂

————
Kunjungi web kami:

http://kinzakids.agenafrakids.com

Like Fan page kami :

https://m.facebook.com/profile.php?id=371653052995641

212925-gambaar-pensil-warna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 03/04/2015 by in Parenting and tagged , .

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: