Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

Mengelola SDM itu Unik, Iya Unik, seperti Uniknya Kamu di Hati nya #eaa (Part 1)

Weekend ini kedatangan tamu, kawan lama, seorang pengusaha tali, masih muda dan jomblo #eh. Usahanya udah bisa dikatakan luar biasa. Sudah punya pabrik dilahan dan gedung milik sendiri. Ada 8 pegawai. Koq cuma 8 orang, karena mayoritas pekerjaan sudah mesinisasi/automasi. Tinggal klik, keluar uang. Visi dan daya juang yg luar biasa bagi seorang anak muda. Investasinya ga murah euy.

Singkat cerita kedatangan dia untuk konsultasi terkait pengelolaan SDM di pabriknya. “Bang, kalo urusan bisnis yg lain saya dah lewatin, tp kalo SDM, susah Bang”, kira-kira seperti itu curhat nya.

Mengelola SDM itu seni. Tidak ada template dalam pengelolaan SDM, semuanya serba khusus. Setiap orang itu unik, pun bagaimana menanganinya. Kan ada template Performance Appraisals, Jobdesc dll? Itu hanya form, content dan pengelolaannya tetap unik. Yakin deh! Bahkan form itu saja, ada banyak metode / versi, tergantung dr kebutuhan.

Kita mengenal yg namanya capital. Capital ini berhubungan dg sumber motivasi seseorang. Ada 4 capital pada diri manusia :

Physical Capital
Apa yg merek dapatkan jikalau mereka berkontribusi atau membantu mengerjakan, dan itu berupa hal fisik.

Intellectual Capital
Apa yg mereka dapatkan jikalau mereka berkontribusi atau membantu mengerjakan, dan itu berupa hal: pengetahuan atau ilmu baru.

Social Capital
Apa yg mereka dapatkan jikalau mereka berkontribusi atau membantu mengerjakan, dan itu berupa pengakuan sosial dr orang sekitar.

Spiritual Capital
Beda dengan 3 capital sebelumnya, Spiritual Capital berorientasi bukan dr apa yg mereka terima tp apa yg dapat mereka kontribusikan.

Efektifitas kita menangani seseorang, akan sangat dipengaruhi pengetahuan kita tentang capital orang yg kita tangani. Capital seseorang sangat dipengaruhi oleh pengembangan pola pikir dan biasanya pola pikir sangat dipengaruhi latar belakang pendidikan formal atau informal. Pun capital, menurut penulis, dipengaruhi pengelompokan generasi dan latar belakang kebutuhan ekonomi.

Kita bahas dikit juga yuk tentang pengelompokan generasi. Gen adalah bagian molekul DNA yang menentukan sebuah kesatuan fungsional dan merupakan pengontrol sifat dasar yang akan diwariskan pada keturunannya. Sedangkan DNA ( Deoxiribo Nuclead Acid ) sendiri adalah molukel pembawa sifat dan pada perkembangannya dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Generasi sendiri menunjuk pada sekumpulan orang dengan gen dasar yang sama. Penelitian menunjukkan bahwa indikator yang dapat digunakan adalah waktu kelahiran seseorang. Ada banyak versi pembagian gen dasar berdasarkan waktu kelahiran, salah satu versinya:

Gen Senior
Merupakan generasi dengan kelahiran sebelum kemerdekaan Indonesia 1945.
Gen Baby Boomers ( 1946– 1964 ).
Generasi ini lahir dengan dilatarbelakangi oleh tingkat kelahiran yang tinggi pasca perang dunia kedua. Dengan icon ’kami’, generasi ini mempunyai karakter sebagai seorang pahlawan, berorientasi pada kenyamanan dan merespon terhadap petunjuk pencapaian. Namun generasi ini telah mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga telah mengalami musimnya rock and roll ala Elvis Presley, mengenal televisi, melakukan demonstrasi, dapat membedakan ras-nya masing-masing, dll.

Gen X ( 1965 – 1976 ).
Generasi ini mampu survive diantara dua generasi sebelum dan sesudahnya yang berbeda karakter. Icon yang diusung generasi X adalah ’ saya ’. Budaya yang dominan adalah budaya pop dan adanya ledakan informasi yang besar. ’Kerja untuk hidup’ adalah falsafah yang dianut oleh generasi X dan timbulnya pertentangan dengan struktur yang bersifat tradisional menyebabkan generasi ini mulai mengenal dan membuat usaha mandiri. Gelombang informasi yang besar membuat perang imajinasi dan kreativitas mulai bermunculan di berbagai bidang. Tidak terkecuali dengan bisnis. Iklan yang kreatif bertebaran di televisi dan ini mendorong pencitraan terhadap merek selain peningkatan penjualan tentunya.

Gen Y ( 1977 – sekarang ).
Gen Y, sukses mengusung icon ’semua’. Dapat dikatakan generasi Y berhasil menciptakan Breakthrough dalam berbagai bidang. Generasi ini mengalami peningkatan dalam integritas, dibesarkan dalam era persatuan, optimis, serta era daur ulang.Selain itu respon terhadap ide baru yang dilatarbelakangi oleh filosofi, pengalaman, pesan multi generasi sangat cepat terjadi.

Pada versi lain, ada yg menyebutkan Gen Z dan Gen Alpha. Gen Z adalah mereka yg lahir pada tahun 1995-2009, mereka tidak mengetahui pra-internet dan sangat “melek” teknologi. Gen Alpha adalah mereka yg lahir setelah tahun 2010, yg dicirikan dg sangat terdidik sejak kecil / banyak belajar, orang tua kaya, dan mempunyai sedikit saudara kandung. (Sumber : http://www.chandra.im)

Kembali ke bahasan konsultasi kawan lama. “Bang, gimana cara merubah perilaku pegawai agar lebih bertanggung jawab ya”.  Kehidupan pabrik dan latar belakang tenaga kerja didalamnya (buruh), membuat pengelolaan SDM menjadi lebih sederhana sebenarnya (#ohya yaa, koq bisa). Iyaa, mereka hanya butuh “apa yg mereka dapatkan dr perubahan yg kita harapkan”. Kaitkan target atau perilaku perubahan dengan insentif yg dapat mereka terima. Insentif ini bs dibagi beberapa tergantung dr generasi. Berikut rincinya :

1. Gen X dan rata-rata sudah menikah : berikan insentif berupa materi / uang.
2. Gen Y dan belum menikah : berikan insentif berupa ruang ekspresi dan potensi-potensi pengembangan diri.
3. Gen Y dan sudah menikah : berikan apa yg ada dipoint 2, plus materi / uang.

Asumsi di atas tergantung dr latar belakang pendidikan dll jg ya. Asumsi rata-rata kondisi buruh pabrik.

(Bersambung)

business-people

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 13/04/2015 by in Gerakan Mahasiswa and tagged , , , .

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: