Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

Era Conceptual dan Entrepreneur Leader

Sebelumnya, saya sempat mengulas tentang Era Conceptual. Pada era ini, diperlukan sentuhan-sentuhan lain dan mendalam. Jika di Era Informasi, para tenaga kerja berpengetahuan menjadi “mahal”, di Era Conceptual ini, tidak lagi. Gimana tidak, system /aplikasi dan sejenisnya dapat menggantikan cara kerja otak manusia. Jika memiliki pola, rumus sesulit apapun dapat dibuatkan aplikasi / system nya. Hasilnya sama, dan bahkan lebih cepat. Jangan bangga jika di negara maju seperti Amerika dan Eropa banyak tenaga kerja Asia. Itu bukan karena orang Amerika dan Eropa tidak mampu, itu karena mereka telah beranjak menjadi pencipta. Mereka ciptakan dan mereka mempekerjakan orang Asia untuk memanagenya. Cakep kan. Inilah Era Conceptual.

Era Conceptual ini adalah eranya kamu-kamu yg bisa mengoptimalkan otak kanan. Kamu-kamu yg pikirannya mencla-menclo, tidak beraturan, tp dg itu kamu bs menemukan hal-hal baru. Ini era nya kamu yg suka seni dan keindahan, bukan untuk jadi seniman tp untuk mempercantik hasil pekerjaan. Ini era nya kamu yg berpikir concept, memikirkan hubungan antara satu dan lainnya, dan mencoba berpikir berbeda. Iya ini era kita, kita semua bs mengoptimalkan otak kanan kita.

Gayung bersambut dan melengkapi, saya ingin mengulas dan menyambungkan bahasan tentang Era Conceptual dg Entrepreneur Leader. Materi Enterpreneur Leader saya dapakan saat memoderatori Pak Hasnul Suhaimi (mantan CEO XL) di salah satu sesi di PK LPDP angkatan 33. Pak Hasnul Suhaimi, memaparkan bahwa entrepreneurs adalah orang-orang yg kreatif dan inovatif, serta berpikir diluar box nya (out of the box). Poin nya: Kreatif dan Inovatif, serta out of the box.

Jika bicara “out of the box”, hal pertama apa yg harus kamu lakukan? Hayoo apa? Nah, betul! harus punya box nya dulu. Mana bisa bicara “out of the box”, “out of”, kalo box nya ga ada. Box inilah, yg pada bahasan Era Conceptual dan Optimalisasi Otak Kanan, disebut dg kemampuan otak kiri. Otak kiri saja tidak cukup, sekarang jaman nya otak kanan. “In the box” aja ga cukup, sekarang saatnya “out of the box”.

Box itu maksudnya apa Gan? Bentar Gan/Sista, saya bahas sedikit dulu tentang Key Skill. Pada bahasan sebelum nya, saya memaparkan data dari www.business.outlook.com. Hal-hal yg ditakuti CEO-CEO dunia, diantaranya : Terrorism (urutan 13 ), Technology (urutan 9), Downturn in Economy (urutan 2), dan pada urutan pertama yg paling ditakuti CEO-CEO dunia, adalah Key Skill.

Gan-Gan/Sista-Sista, Key Skill ini yg disebut Box nya. Skill-skill ini yg minimal harus kamu miliki. Menurut Pak Hasnul Suhaimi, ada 3 key skill yg dimaksud, sbb:
1. Technical Skill, untuk menjadi Future Worker.
2. Leadership Skill, untuk menjadi Future Leader
3. Entrepreneurship Skill, untuk menjadi Future Businessman. Businessman disini menggambarkan bidang yg dipilih/tekuni, tidak harus bisnis.

Jika ketiga key skill tsb kamu miliki, kamu akan menjadi Complete Leader.

Salah satu Technical Skill yg sempat dibahas Pak Hasnul Suhaimi, adalah critical thinking. “Critical Thinking, go beyond remembering”. Ada tahapan-tahapan dalam membangun critical thinking, bentuknya piramida, dr bawah ke atas sbb : knowledge – understanding – application – analysis – evaluate – creating. Dititik tertinggi, creating. Inilah peran otak kanan di era conceptual, era para pencipta.

Terakhir, Steve Jobs pernah berkata, “If you don’t love something, you are not going to go extra mile, work the extra weekend, challenge the statue quo as much”. Menchallenge status quo adalah hal mendasar bagi seorang Inovator. Status quo nya adalah : box, penggunaan otak kiri dan era informasi. Mari berbeda : out of the box, mengoptimalkan otak kanan, dan menjadi bagian era conceptual.

Berdiskusi : @HendraEG

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 16/04/2015 by in Uncategorized.

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: