Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

Pendidikan Karakter : Menjadi Besar tidak Perlu Menunggu Dewasa.

Hari ini, pola pikir kita diarahkan untuk menjadi “kecil”. Usia anak-anak, bermain. Usia remaja, mencari jati diri. Dan di usia dewasa lah kita baru menjadi ” sesuatu”. Siklus hidup, yg kita yakini harus kita lewati. Maka menjadi aneh jika ada seorang anak yg menjadi “sesuatu” sebelum waktu nya.

Zaman Rasulallah, usia anak-anak sudah membawa pedang menghadap Rasulallah, dan meminta diajak berjihad. Pedang yg dibawa, masih lebih panjang dari tinggi badan si Anak. Zaman itu menjadi “sesuatu” adalah dg berjuang berjihad bersama Rasul. Zaman Rasulallah dan para sahabat, usia anak-anak sudah hafal Quran, mengusai berbagai bahasa, dan diusia remaja sudah “diulamakan” dan memimpin pasukan perang. Mereka, jauh lebih cepat menjadi “sesuatu”. Karakternya terbentuk sejak dini, tanpa melalui masa remaja yg katanya masa pencarian jati diri.

Zaman Rosulallah, usia anak-anak sudah menjadi sesuatu. Pendidikan Karakter dimulai sejak si anak berada dalam kandungan. Mengajarkan tentang kemandirian dan keharusan menjaga keinginan. Hati-hati, tidak seluruh keinginan anak diiyakan. Ada saat nya si anak diminta bersabar menunggu atau tidak sama sekali diberikan. Anak menangis? Itu cara anak “berstrategi’ mendapatkan apa yg diinginkan. Jika kita luluh, anak akan belajar, dengan pola itu, dia mendapatkan apa yg diinginkan. Maka di setiap dia meminta, dia akan menggunakan pola itu. Wajarlah, jika ada anak yg sampai mengancam bunuh diri untuk mendapatkan sesuatu yg diinginkan. Krn si anak belajar, dg mengancam bunuh diri, Ayah/Bunda akan luluh, dan dia akan mendapatkan sesuatu yg diinginkan. Si Anak hanya butuh kasih sayang, perhatian dan merasa diistimewakan oleh orang tua nya. Peluk, ajarkan anak dg kehangatan kasih sayang orang tua.

Hukum Tarik Menarik, atas izin Alloh tentu nya. Kemarin Admin mengalami 2 hal yg saling berhubungan : mendapat Reseller seorang anak 12 tahun (Rafi) dan 10 tahun (Hana), serta mendengar kajian Ust Bendri tentang Parenting. Diusianya yg masih anak-anak, Rafi dan adiknya Hana, memiliki karakter yg jauh dewasa “melebihi” usia nya. Rafi dan Hana merelakan uang tabungannya untuk menjadi reseller afrakids dan belajar berjualan online. Sebelumnya Rafi dan Hana sudah berjualan, dan saat ini mereka ingin belajar berjualan online. Ayah nya pun sedang giat mengajarkan pembukuan keuangan, agar si anak lebih pandai mengelola keuangan bisnis pribadi nya. Dan yg lebih “sesuatu” nya, alasan mereka tertarik menjadi reseller afrakids, “Jualan harus yg memberikan banyak manfaat ke orang lain Kak”. Pendidikan karakter yg luar biasa dr orang tua nya, tentang kemandirian dan kebermanfaatan.

Hal itu seakan diiyakan saat mendengar kajian Ust Bendri. Salah satu yg dibahas adalah tentang pendidikan karakter, seperti yg sedikit saya ulas di atas. Bahasan lain nya tentang Kebersamaan dan Disiplin. Semoga admin berkesempatan menuliskan bahasan tentang kebersaman dan disiplin, serta menshare dg Ayah / Bunda. Insyallah..

Semoga secuil peristiwa ” tarik menarik” ini memberikan manfaat dan pelajaran untuk kita, sebagai orang tua atau sebagai anak. Menjadi besar dan menjadi “sesuatu” tidak harus menunggu dewasa. Share & Care!

—-

Pemesanan dan Join Reseller Afrakids?
KinzaKids
WA : 081218861307
BBM : 537C8E22

 

ilustrasi-anak-quran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 05/05/2015 by in Parenting, Uncategorized and tagged , , , .

FOLLOW ME

KATEGORI

ARSIP

BLOG STATS

  • 14,209 hits
%d blogger menyukai ini: